10 Langkah Perawatan Wajah Berjerawat yang Praktis

Hindari Memecah Jerawat

10 Langkah Perawatan Wajah Berjerawat yang Praktis – Adanya jerawat yang membandel terkadang memudarkan impian banyak orang untuk memiliki wajah mulus, bersih dan tampil percaya diri. Tapi, Anda tak perlu berkecil hati bila memiliki jerawat yang tak kunjung hilang. Hal ini karena ada langkah-langkah perawatan wajah berjerawat yang bisa dilakukan untuk menghilangkan jerawat bahkan memudarkan bekas jerawat tersebut, seperti berikut ini misalnya.

Cara Perawatan Wajah Berjerawat dan Menghilangkan Bekasnya

Berikut ringkasan untuk anda….

  1. Memastikan Tangan Selalu Bersih

Sering menyentuh wajah dengan tangan yang belum tentu bersih ditengarai menjadi penyebab wajah berjerawat. Menyentuh wajah dengan tangan kotor menyebabkan bakteri yang ada di kulit tangan maupun di sela kuku berpindah ke kulit wajah.

Tangan Selalu Bersih
Tangan Selalu Bersih

Untuk perawatan wajah berjerawat dan menghindari munculnya jerawat baru, selalu pastikan tangan Anda bersih baik saat mengaplikasikan maupun membersihkan make up. Pastikan selalu mencuci tangan menggunakan sabun antiseptik dan bersihkan kuku maupun memotong kuku secara teratur.

  1. Mencuci Muka Secara Rutin

Selain mencuci tangan, Anda juga perlu mencuci wajah secara rutin agar kondisi wajah berjerawat tak semakin parah. Perawatan wajah berjerawat dengan menjaga kebersihan kulit wajah ketika berjerawat sangatlah penting untuk menghilangkan debu, sel kulit mati, polusi maupun sisa make up yang tertinggal di kulit wajah. Bila dibiarkan, kotoran-kotoran ini akan menyumbat kulit dan membuat jerawat semakin sulit hilang.

Mencuci Muka Secara Rutin
Mencuci Muka Secara Rutin

Untuk perawatan wajah berjerawat, Anda bisa mencuci muka menggunakan facial foam atau dengan krim pembersih make up dan cairan penyegar. Akan lebih baik lagi jika Anda membersihkan wajah dengan membersihkan make up terlebih dahulu menggunakan krim dan penyegar, baru kemudian mencuci wajah menggunakan sabun wajah. Dengan begitu, wajah akan benar-benar bersih dari sisa make up.

  1. Hindari Rambut Menutup Wajah

Punya rambut panjang yang sering menutupi wajah? Ada baiknya rambut dipotong, diikat atau dicepot sehingga tak mengenai kulit wajah sekaligus sebagai perawatan wajah berjerawat. Rambut berponi atau rambut yang menutupi wajah membuat kuman, debu, kotoran dan bakteri yang ada di rambut berpindah ke kulit wajah dan membuat wajah jadi lebih kusam.

Hindari Rambut Menutup Wajah
Hindari Rambut Menutup Wajah

Apalagi jika Anda jarang melakukan perawatan wajah tentu risiko wajah berjerawat semakin besar. Selain melakukan perawatan rambut secara rutin, Anda bisa membersihkan keringat di wajah menggunakan tisu yang lembut agar tidak memicu munculnya jerawat.

  1. Rutin Melakukan Peeling Wajah

Langkah perawatan wajah berjerawat lainnya adalah melakukan peeling wajah. Peeling dinilai sangat bagus untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat yang membandel. Langkah perawatan wajah ini akan mengangkat sel-sel kulit mati, merangsang pertumbuhan sel baru dan mempercepat regenerasi kulit tanpa menggosok kulit terlebih dahulu.

Rutin Melakukan Peeling Wajah
Rutin Melakukan Peeling Wajah

Lakukan peeling paling banyak dua kali sebulan atau sesuai dengan aturan yang tertera pada kemasan gel peeling. Perawatan wajah berjerawat dengan peeling layaknya memakai masker, hanya saja untuk menghilangkan masker peeling dari wajah dilakukan dengan menarik masker tersebut.

Langkah pertama menggunakan peeling yakni dengan mengoleskan gel peeling ke seluruh permukaan wajah secukupnya saja jangan terlalu tebal. Biarkan beberapa saat hingga peeling mengering baru kemudian tarik peeling dari sudut terluar ke arah dalam. Bila sudah terlepas semua, basuh wajah menggunakan spons yang telah direndam air hangat hingga bersih.

  1. Menggunakan Es Batu

Es batu yang tersimpan di lemari es ternyata bisa dipakai sebagai perawatan wajah berjerawat. Yang Anda perlukan hanya membekukan air mineral di dalam freezer kemudian pakai es batu tersebut untuk menyegarkan kulit wajah sekaligus mendinginkan jerawat.

Menggunakan Es Batu
Menggunakan Es Batu

Gosok-gosokkan es batu ke permukaan kulit wajah secara perlahan. Bila dilakukan secara rutin, es batu akan mengeluarkan kotoran dan minyak di permukaan kulit, mengecilkan pori-pori dan menghilangkan jerawat.

  1. Hindari Memecah Jerawat

Seringkali kita tak sabaran untuk memecah jerawat yang membandel, padahal tindakan tersebut sangatlah berbahaya terutama berpotensi menyebabkan infeksi atau menimbulkan bekas jerawat yang sulit hilang. Untuk mengatasinya, jangan mudah tergoda untuk memecah jerawat dengan sengaja.

Hindari Memecah Jerawat
Hindari Memecah Jerawat

Lebih baik konsultasi dengan dokter kulit yang lebih berpengalaman dalam perawatan wajah berjerawat. Gunakan produk-produk yang aman dan bahan-bahan natural untuk perawatan wajah berjerawatsehingga jerawat bisa hilang secara alami dan tak menimbulkan bekas.

  1. Gunakan Madu Untuk Menghaluskan Wajah

Madu memiliki banyak khasiat untuk kesehatan termasuk bisa dipakai sebagai perawatan wajah berjerawat. Manfaat madu untuk kulit wajah diantaranya untuk menghaluskan kulit dan menghilangkan jerawat.

Gunakan Madu Untuk Menghaluskan Wajah
Gunakan Madu Untuk Menghaluskan Wajah

Anda bisa mendapatkan manfaat madu untuk kulit wajah ini dengan menggunakannya sebagai masker. Oleskan madu ke permukaan kulit wajah secara merata kemudian diamkan kurang lebih 10 menit. Lalu bilas wajah hingga bersih menggunakan air dingin.

  1. Mengurangi Konsumsi Susu

Susu mengandung lemak, protein dan kalori yang bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Sayangnya, minuman pelengkap 4 sehat 5 sempurna ini ditengarai menjadi biang penyebab jerawat bahkan memperparah kondisi kulit berjerawat. Hal ini disebabkan karena susu mengandung hormon androgen yang memicu produksi kelenjar minyak. Itu sebabnya Anda harus mengurangi konsumsi susu demi keberhasilan perawatan wajah berjerawat.

Mengurangi Konsumsi Susu
Mengurangi Konsumsi Susu

Semakin sering mengonsumsi susu, biasanya akan meningkatkan produksi sebum sehingga menumpuk di kelenjar folikel rambut di bawah kulit. Lama kelamaan tumpukan ini akan menyumbat pori-pori dan akhirnya memperparah kondisi radang jerawat. Untuk perawatan wajah berjerawat, Anda bisa mengganti susu dengan banyak minum air putih yang lebih menyehatkan dan baik untuk kelembapan kulit.

  1. Hindari Produk Kosmetik Tertentu

Untuk perawatan wajah berjerawat, sebaiknya hindari menggunakan kosmetik tertentu terutama ketika wajah sedang meradang karena jerawat. Jika memang terpaksa untuk memakai kosmetik, hindari kosmetik seperti bedak padat, pemutih wajah, produk yang mengandung benzoyl peroxide dan pelembab yang mengandung alkohol serta bau yang menyengat.

Hindari Produk Kosmetik Tertentu
Hindari Produk Kosmetik Tertentu

Bahan benzoyl peroxide sering ditemukan pada produk perawatan wajah berjerawat karena terbukti bisa mengecilkan jerawat. Namun, penggunaan produk benzoyl peroxide secara berlebihan justru tak baik untuk kulit karena bisa menyebabkan iritasi dan pengelupasan kulit. Sedangkan produk pemutih justru bisa memicu peradangan kulit dan memperparah kondisi kulit Anda. Sebaiknya berkonsultasi dengan dokter langganan Anda untuk memilih produk kosmetik apa saja yang aman dipakai terutama ketika sedang berjerawat.

  1. Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Menerapkan Gaya Hidup Sehat
Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Perawatan wajah berjerawat akan semakin optimal apabila Anda mengimbanginya dengan menerapkan gaya hidup sehat. Lakukan langkah sederhana yang mendukung gaya hidup sehat setiap hari seperti minum air putih setidaknya satu liter per hari, makan makanan bergizi seperti buah-buahan, sayuran dan ikan. Hindari pula makanan cepat saji dan makanan berminyak yang memicu produksi minyak berlebih di kulit. Kurangi minum air soda dan manis serta berolahraga secara rutin.

Dengan menerapkan langkah perawatan wajah berjerawat di atas, diharapkan jerawat yang muncul bisa segera hilang dan mengurangi risiko munculnya jerawat baru. Jangan lupa untuk menerapkan gaya hidup sehat dan menjaga kebersihan agar jerawat tak muncul kembali.

You May Also Like

About the Author: Asyisyafa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *